31.12.11

TROUBLESHOOTING CD/DVD ROM

Sobat jendela dunia , CD/DVD ROM bisa digunakan untuk membaca CD/DVD. Sedangkan CD/DVD RW bisa digunakan untuk membaca dan menuliskan data ke dalam keping CD/DVD atau istilahnya bisa untuk membakar/ memburning CD/DVD. Apa saja masalah yang sering di hadapi oleh perangkat keras ini?

1. CD Drive Tidak Terdeteksi
CD drive yang terpasang tidak terdeteksi oleh sistem operasi. Penanganannya adalah sebagai berikut :
  • Cek kabel data CD drive apakah terpasang dengan benar atau belum. Jika belum maka benarkanlah. Pastikan kabel data itu tidak rusak. Jika rusak gantilah dengan yang lebih baik.
  • Cek kabel power ke CD drive apakah terpasang dengan dan pastikan kabel power itu tidak rusak. Sobat bisa mengganti kabel power dengan kabel power yang lain untuk memastikan kerusakan.
  • Cek apakah jumper yang terdapat pada CD drive sudah benar. Jika sobat menggunakan CD ROM dan CD RW sobat harus memastikan bahwa salah satu ada yang disetting sebagai master dan yang satunya dipasang sebagai slave. Lihat pada salah satu sisi CD drive cara mensetting jumper, biasanya setting ini disertakan di CDdrive.
 2. CD Audio Hasil Burning Putus-putus.
Sobat berhasil mencopy audio ke CD menggunakan CD RW tetapi setelah didengarkan, audionya ternyata putus-putus. Penanganannya adalah sebagai berikut :
  • Pastikan kepingan CD yang akan digunakan sebagai media penyimpan tidak rusak/tergores-gores. Jika rusak/tergores sebaiknya ganti dengan CD yang baru.
  • Burning dengan kecepatan 4-16 X agar perangkat lunak lebih teliti dalam melakukan penulisan ke CD. Jika sobat memburning dengan kecepatan tinggi kemungkinan perangkat lunak tidak teliti dalam melakukan penulisan ke CD
--Semoga Bermanfaat--

Baca juga Artikel Menarik Berikut :

01. Troubleshooting Komputer
02. Troubleshooting Perakitan
03. Troubleshooting Umum PC
04. Bluescreen pada Layar
05. Troubleshooting Memory
06. Troubleshooting Harddisk