7.3.12

Cara Instalasi Windows XP

Sobat jendela dunia yang baik, kali ini om narwan akan berbagi artikel tentang cara atau langkah-langkah menginstal Windows XP. Langsung saja sobat jendela dunia baca langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1
Sobat harus menyeting atau mengubah first boot-nya BIOS menjadi CD ROOM dan CD Windows XP sudah di masukkan ke cd room, maka setelah beberapa detik computer akan proses. Dan akan keluar tulisan Press any key boot from cd, tekan Enter. Selanjutnya tunggu proses instalasi.

Langkah 2
Dari menu ini tekan enter untuk memulai proses instalasi, setelah itu akan muncul pada layar Welcome to Setup. Dan ada 3 pilihan :
• Tekan “Enter” jika ingin melanjutkan proses installasi.
• Tekan “F3” jika ingin membatalkan penginstalan.
• Tekan “R” jika ingin memperbaiki Windows XP yang sudah terinstall sebelumnya.
Pada kasus ini tekan “Enter” karena kita ingin melakukan proses penginstalan.


Langkah 3
Pada layar  monitor akan muncul Windows XP Licensing Agreement. Tekan “F8” untuk melanjutkan penginstallan.

Langkah 4
Setelah itu pada layar akan muncul tiga pilihan sebagai berikut :
• Untuk menginstall Windows XP tekan “Enter”
• Untuk membuat partisi tekan “C”
• Untuk menghapus partisi yang sudah ada tekan “D”
Proses pembuatan partisi sangat gampang, jika sobat ingin membuat partisi harddisk, maka tinggal tekan C maka akan di tanya mau dibuat berapa banyak partisi instalannya. Sobat bisa tentukan atau langsung tekan enter. Jika mau dibagi 2 partisi, tinggal sobat bagi saja jumlah dari kapasitas harddisk sobat. Pada kasus ini kita bisa langsung menekan “Enter”.

Langkah 5
Setelah itu harddisk akan diformat. Ada 4 pilihan :
• Diformat menggunakan file system NTFS (Quick).
• Diformat menggunakan file system FAT (Quick).
• Diformat menggunakan file system NTFS.
• Diformat menggunakan file system FAT.
Kita pilih saja pilihan yang ketiga yaitu diformat menggunakan file system NTFS. Lalu tekan “Enter”. Proses ini memerlukan waktu beberapa menit.

Langkah 6
Sekarang windows akan melakukan formatting terhadap harddisk sobat. Ditunggu saja sampai proses  tersebut.

Langkah 7
Setelah diformat proses selanjutnya adalah setup copy file. Tunggu saja hingga 100%. Tinggal di ikuti saja prosesnya, tunggu sampai restart. Setelah restart biasanya akan muncul lagi pesan “Press any key to boot from CD”.  Jangan tekan apapun karena kalau sobat tekan enter maka akan mulai proses dari awal lagi. Biarkan saja sampai lewat proses pembacaat CD system ini hingga muncul gambar Windows XP.

Langkah 8
Proses penginstallan akan berlanjut,,diamkan saja sampai windows berhenti dengan sendirinya dan akan menanyakan apa lagi yang mau kita isikan , ikuti saja gambarnya.

Langkah 9
Tunggu saja sampai di layar muncul tulisan Regional and Language Options. Pilih Customize setelah itu pilih regional dan bahasa yang akan digunakan. Setelah selesai klik Apply kemudian Next.

Langkah 10
Setelah selesai melakukan penyetingan maka di layar akan tampil Personalize Your Software. Sobat bisa memasukkan nama dan organisasi sobat, setelah itu pilih Next.

Langkah 11
Selesai melengkapi data di atas sobat di suruh memasukkan serial number Windows XP. Masukkan serial number. Klik next, jika serial number benar maka proses penginstalan akan berlanjut tapi jika salah akan ada peringatan.

Langkah 12
Kemudian akan muncul Computer Name dan Administrator Password. Sobat bisa memasukkan nama computer serta administrator password. Jika selesai klik Next.

Langkah 13
Setelah itu setting tanggal, bulan, tahun dan jam serta wilayah sobat berada. Pada  combo box Date & Time atur sesuai keadaan sekarang .Pada time zone pilih Jakarta. Klik Next.

Langkah 14
Jika computer sobat dilengkapi hardware untuk jaringan maka akan muncul tampilan di layar dan sobat pilih saja Typical Setting kemudian klik next.

Langkah 15
Setelah itu akan mucul tampilan gambar dengan tulisan Workgroup dilayar. Jika computer sobat terhubung dengan jaringan pilihlah pilihan yang pertama kemudian klik next.

Langkah 16
Tunggu sampai proses penginstalan selesai dan restart sendiri. Sebelum masuk Windows biasanya akan muncul tampilan Display Setting . Klik OK.

Langkah 17
Kemudian akan tampil Monitor Setting. Klik OK

Langkah 18
Kemudian muncul gambar lagi dan pilih Next.

Langkah 19
Selanjutnya tampil Who will use this computer? . Masukkan nama pengguna computer, bisa lebih dari satu pengguna. Klik Next.

Langkah 20
Kemudian muncul tampilan Thak You. Klik finish. Installasi sukses., proses penginstallan Windows XP selesai. Dan langkah selanjutnya sobat tinggal menginstall driver-driver yang diperlukan seperti VGA, dan Motherboard. Dan setelah itu sobat dapat menginstal berbagai perangkat lunak sesuai kebutuhan seperti MS. Office, Winamp dll.


--Semoga Bermanfaat--