26.12.11

TROUBLESHOOTING MEMORY/RAM

Sobat Jendela Dunia yang baik hati, kali ini om narwan akan berbagi artikel tentang masalah memory/Ram. Memory yang berguna untuk membantu prosesor dalam meningkatkan kinerja komputer, kadang-kadang tidak sesuai harapan. Biasanya hal ini terjadi jika sobat jendela dunia memakai 2 keping memory atau menambah memory baru. Apa saja masalah yang sering dihadapi oleh memory?

Menambah RAM Malah Sering Hang.
Maksudnya ingin menambah memory /RAM agar kinerja PC menjadi lebih baik. Contohnya : DDR-RAM 256 PC 2700 ditambah dengan DDR-RAM PC 3200. Penanganannya adalah :
  • Coba dulu dengan memasang memory ke slot yang berbeda.
  • Cari tahu apakah merek RAM tersebut  berasal dari produsen yang sama. Jika tidak hal ini pada sebagian motherboard memang menjadi masalah. Usahakan memakai memory dengan kapasitas, merek dan kecepatan yang sama.
  • Kemudian lepaskan salah satu RAM dari slotnya, jika setelah dilepas komputer sudah tidak hang lagi, maka analisis yang pertama di atas benar.
  • Tapi jika masih sering hang kemungkinan ada kerusakan di RAM itu atau slot memory.
  • Anda bisa tukar tambah salah satu RAM di atas agar 2 keping RAM tersebut memiliki kapasitas, merek dan kecepatan yang sama. Untuk lebih jelas tentang sampai berapa kapasitas dan kecepatan RAM yang bisa dipasang sobat bisa baca buku manual motherboard.
Menambah RAM Tidak Terdeteksi.
RAM yang semula 64 MB ditambah 64 MB lagi tetapi pada saat proses booting hanya terdeteksi 64 MB. Penanganannya adalah sebagai berikut :
  • Lakukan langkah-langkah seperti pada penanganan kasus di atas.
  • Kemungkinan jenis RAM sobat berbeda, karena belum tentu RAM yang masuk pada slot yang sama memiliki jenis yang sama. Sebagai contoh SD RAM memiliki slot yang serupa dengan RD RAM, sedangkan RD RAM tidak akan terdeteksi meskipun bisa dipasang di slot SD RAM
--Semoga Bermanfaat--

Arikel Lain Yang Menarik :