25.12.11

BLUESCREEN PADA LAYAR MONITOR

Sobat Jendela Dunia yang baik, sebelum membahas tentang bluescreen pada layar monitor, ada baiknya sobat jendela dunia membaca artikel yang lalu yaitu
  1. Troubleshooting Hardware Komputer
  2. Troubleshooting Perakitan Komputer
  3. Troubleshooting Umum pada PC
Nah setelah membaca artikel diatas mari sekarang kita baca artikel selanjutnya yaitu mengenai BLUESCREEN PADA LAYAR .
Hal ini sering terjadi pada penggunaan PC. Sering disebut dengan Bluescreen of Death (BsOD). BsOD dapat diartikan sebagai pesan kesalahan yang muncul di Windows akibat kerusakan system yang tidak bisa di recover.
Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan system atau kerusakan perangkat keras. Sebenarnya munculnya BsOD dapat membantu kita  untuk mengetahui di manakah kerusakan yang terjadi. Tapi pesan yang disampaikan terkadang tidak bisa kita mengerti. Oleh karena itu untuk memahami pesan yang disampaikan mari kita pahami pesan kesalahan yang muncul pada BsOD tersebut.

Pesan kesalahan yang sering muncul adalah sebagai berikut :
  • NTFS_FILE _SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0x00000023)
    Pesan di atas menunjukkan bahwa kesalahan ada pada partisi hard disk dan bukan harddisknya.
    • DATA_BUS_ERROR
    Pesan di atas disebabkan oleh slot memory di motherboard rusak.
    • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
    Pesan di atas disebabkan kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor ( L2 Cache)
    • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL  (0X0000000A)
    Pesan di atas biasanya disebabkan oleh ketidakcocokan driver yang di install dalam computer. Driver dalam komputer yang banyak jumlahnya tentunya tidak semua bisa cocok dan ada kalanya bentrok.
    Contohnya apabila kita mengganti VGA card dengan VGA card yang baru dan belum meng uninstall driver yang lama.
    • UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP(0X0000007F)
    Pesan di atas bias disebabkan oleh overclock hardware yang berlebihan, komponen yang kepanasan, bios yang korup dan memory atau prosesor yang cacat.
    • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
    Pesan di atas disebabkan oleh kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.
    • VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
    Pesan di atas disebabkan oleh instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.
    • BAD_POOL_CALLER
    Pesan di atas disebabkan oleh driver yang tidak kompatibel
    • PEN_LIST_CORRUPT
    Pesan di atas disebabkan oleh kerusakan RAM
    • MACHINE_CHEK_EXCEPTION
    Pesan di atas disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

    Penanganannya adalah sebagai berikut :
    • Jika yang menyebabkan terjadi kerusakan adalah driver yang digunakan. Jika setelah menginstall driver untuk hardware baru terjadi BsOD sebaiknya sobat unistall driver itu. Usahakan untuk meng-uninstall driver lama yang sudah tidak terpakai sebelum menginstall driver baru.
    • Usahakan pada saat instalasi driver bisa sempurna. Jika pada saat instalasi driver listrik tiba-tiba mati usahakan untuk menginstal lagi driver tersebut.
    • Jika partisi yang rusak sobat bisa mengecek kabel PATA atau SATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk. Jika partisi memang benar rusak dan data yang di dalamnya bisa di selamatkan, maka selamatkan dahulu datanya sebelum melakukan partisi ulang.
    • Jangan mencoba mengoverclock hardware jika tidak terlalu diperlukan dan pengetahuan tentang overclock masih minim.
    • Jika pesan kerusakan disebabkan oleh suhu hardware yang terlalu panas, usahakan menggunakan tambahan kipas atau menempatkan PC di ruangan dengan suhu tidak panas.
    • Jika pesan kesalahan tidak berhubungan dengan kerusakan hardware, sobat bisa mencoba untuk menginstall ulang sistem operasi.
    • Jika pesan kerusakan berhubungan dengan kerusakan hardware seperti kerusakan pada slot memory, prosesor yang cacat, VGA yang rusak dll, sebaiknya sobat membawanya ke teknisi komputer yang terpercaya atau mengganti hardware yang rusak

    --Semoga Bermanfaat--

    2 comments:

    1. Pernah ngalamin kek gini... tapi setellah ganti ram uda sembuh hehe... nice tip salam kenal ya mas makasih link uda di pasang..

      ReplyDelete
    2. ok bos,.. slm knal jg.., sukses slalu buat blog na..,

      ReplyDelete