19.2.12

Apa Yang di Maksud Memory ?

Memori merupakan alat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data pada komputer. Memori ini tebagi atas dua macam, yaitu Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory (RAM).

Read Only Memory (ROM). Sesuai namanya, ini adalah memori yang hanya bisa dibaca, tidak dapat diubah dan dihapus, dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM.
Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.

Random Access Memory (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random . RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti disket, harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.

--Semoga Bermanfaat--


No comments:

Post a Comment