3.2.12

Bagaimana Cara Memilih Prosesor

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya sobat jendela dunia pertimbangkan ketika hendak memilih prosesor :

Pertama, sebelum sobat membeli prosesor maka pertimbangkan kecepatannya. Ini dikarenakan semakin besar kecepatan prosesor maka akan makin cepat pula kinerjanya. Untuk saat ini sebaiknya sobat memilih prosesor dengan kecepatan di atas 2 Ghz, karena semakin lama perangkat lunak yang di kembangkan oleh vendor membutuhkan prosesor dengan kecepatan tinggi. Selain itu hal ini akan memudahkan dan meringankan kita apabila suatu saat nanti akan mengganti prosesor (upgrade).

Kedua, tentukan pilihan merk apa yang akan dipakai. Intel atau AMD karena merk itulah yang merajai pasaran di Indonesia pada saat ini, walaupun masih ada merk yang lain.
Sekarang Intel atau AMD sama baiknya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tetapi kelebihannya lebih menonjol dari pada kekurangan karena teknologi yang dikembangkan adalah teknologi mutakhir. Tapi ingat biasanya PC berbasis AMD kalau di jual lagi harganya akan merosot, tapi juga ingat PC berbasis AMD masih sedikit lebih murah bila dibandingkan PC berbasis Intel dan kemampuannya juga lumayan bagus.

Ketiga, yang harus diperhatikan adalah mengenai soket yang dimiliki prosesor. Usahakan cari prosesor dengan soket terbaru meskipun harganya lebih mahal, tetapi kalau ingin diupgrade tidak membutuhkan biaya yang mahal.

--Semoga Bermanfaat--