27.1.12

Bagaimana Cara Memilih Printer ?

Printer termasuk perangkat keras keluaran. Printer digunakan untuk mencetak data yang sudah diolah oleh komputer. Jenis printer ada yang menggunakan teknologi inkjet maupun laser. Merek yang beredar dipasaran sangat banyak di antara-nya adalah HP, Cannon, Epson dan lain-lain.
Bagaimana Cara Memilih Printer ? memilih printer untuk keperluan kerja maupun pribadi memang susah-susah gampang, karena semakin banyaknya merek dan jenis printer yang beredar di pasaran saat ini.Tips berikut bisa dijadikan sebagai patokan awal dalam memilih printer yang sesuai untuk kebutuhan sobat jendela dunia, antara lain sebagai berikut :

Pertama, tentukan jenis printer yang akan dibeli. Ada tiga jenis printer yang banyak beredar di pasaran akhir-akhir ini, yaitu Inkjet, Laser dan Multi fungsi selain jenis Dot-matriks yang sebelum menjadi primadona karena kemudahan pemakaian, perawatan dan harga yang relatif terjangkau.

Sedangkan jenis Laser Printer, cocok untuk kantor dengan jaringan (local area network/LAN) cukup besar dan atau kantor yang mengutamakan kecepatan, efisiensi dan kualitas pencetakan cukup tinggi. Jenis laser ini mampu memproduksi hasil cetakan yang cukup baik untuk teks maupun grafis.

Jenis printer Multifungsi adalah jenis printer yang selain berfungsi untuk mencetak, juga dilengkapi dengan fungsi lain seperti untuk Fax dan Scanning. Jika dihitung-hitung, dari segi harga, masih lebih murah jenis ini dari pada sobat harus membeli satu persatu printer, mesin fax, dan scanner. Namun perlu dipertimbangkan juga jika terjadi masalah pada salah satu fungsinya, sehingga peralatan harus dikirim ke service center, berarti sobat tidak dapat menggunakan ketiga fungsi itu pada saat bersamaan.

Kedua, tentukan Resolusi Printer yang akan dibeli dengan melihat beberapa dbi (dot per inch) yang mampu dicetak oleh printer. Besar dpi menentukan kehalusan dan kecepatan printer dalam mencetak.

Dan akhirnya, bandingkan harga printer yang akan sobat beli, termasuk mempertimbangkan kemudahan-kemudahan lainnya, seperti perawatan, support center, tempat pembelian suku cadang/tinta dll.

--Semoga Bermanfaat--