14.1.12

Menghadang Virus Komputer

Sobat Jendela Dunia mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya virus.Ternyata virus ini tidak hanya menyerang kekebalan tubuh manusia saja, akan tetapi virus-virus ini juga menyerang komputer. Virus-virus tersebut biasanya menyerang  komputer dengan memanfaatkan beberapa kelemahan yang ada, misalnya dengan menggunakan icon yang sama dengan folder sehingga seolah-olah virus tersebut berupa folder. Akibatnya, ketika user yang tidak mengetahuinya membuka folder itu maka tersebarlah virus ke komputer tersebut, yaitu dengan cara menduplikasi dirinya sendiri ke dalam folder-folder lainnya.

Bagaimanapun juga mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebelum komputer sobat terjangkit virus, ada baiknya sobat mengikuti tips-tips berikut untuk mencegah masuknya virus ke komputer sobat jendela dunia :
  • Gunakan Antivirus. Antivirus mempunyai fungsi untuk meminimalisir menyebarnya virus. 
  • Update antivirus secara teratur. Sistem kekebalan virus terus dikembangkan oleh pembuat virus. Demikian pula antivirus juga terus berkembang agar dapat mengatasi virus-virus varian baru. Update-lah antivirus sobat secara rutin, atau jika komputer sobat tersambung dengan internet gunakan "Automatic Update" pada antivirus sobat.
  • Scan Removable Media. Sebelum sobat membuka file dari luar, misal dari flash USB, maka lakukanlah scan terlebih dahulu.
  • Waspada terhadap email yang tidak jelas. Virus banyak beredar lewata email. Jika sobat mendapatkan email yang tidak jelas berhati-hatilah. Ada kemungkinan file tersebut mengandung virus yang dapat merusak sistem komputer sobat.
  • Ubah settingan pada folder options. Jangan pernah mengaktifkan option ini yaitu "Hide extensions for known file type", karena virus bekerja dengan memanfaatkan kelemahan ini. Yang perlu diperhatikan bahwa jika ada file yang menggunakan icon folder tetapi mempunyai extensi.exe jangan dibuka, karena sudah dapat dipastikan bahwa file ini adalah virus.
  • Windows Explorer dalam mode view "Thumbnail". Gunakan mode thumbnails seperlunya saja, misal ketika hendak melihat gambar. Dalam mode inilah biasanya nama file dan extensionnya di hilangkan.
  • Remember each folder's viw setting. Pada mode options, jangan  aktifkan mode ini untuk mengurangi mode thumbnails. Jika options ini diaktifkan maka tiap folder akan memiliki setting sendiri-sendiri. Jika options ini tidak diaktifkan, maka semua folder akan menggunakan setting terakhir.
--Semoga Bermanfaat--

Artikel Menarik Lainnya :