10.4.12

Cara Memproteksi Sebagian Cell Excel



Kali ini saya akan membagi sedikit ilmu buat sobat jendela dunia, khususnya mengenai cara memproteksi Cell di Excel. Misal kita hanya ingin menggunakan beberapa Cell yang terpilih  dan tidak ingin cell yang lain bisa ditulisi atau di masukkan angka atau apapun. 
Langsung saja cara untuk memproteksi cell Excel adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama :
Pilih dan blog cell yang ingin digunakan atau yang ingin bisa ditulisi oleh sobat jendela dunia semua. Kenapa diblog cell yang terpilih ? karena nanti cell yang tidak ikut diblog akan ikut diproteksi dan tidak bisa ditulisi kalau tidak di buka dulu kuncinya.


Langkah Kedua :
Setelah memilih Cell yang ingin bisa ditulisi atau digunakan tadi, sekarang sobat jendela dunia langsung klik kanan pada cell yang di blog tadi, setelah itu pilih format cells. Pada menu format cell yang muncul lalu cari dan klik protection.  Setelah itu hilangkan centang pada Locked. Dan centanglah pada tulisan Hidden. Lalu klik OK.

Langkah Ketiga :
Setelah langkah pertama dan kedua selesai, sekarang tibalah pada langkah ketiga atau langkah terakhir. Pastikan Cell yang dipilih tadi masih dalam keadaan diblog. Setelah itu pilihlah menu tool dari toolbar dan sorot Protection terus pilih Protect Sheet… dan setelah itu sobat jendela dunia tinggal mengisi Password  yang sobat mudah ingat. Biasanya dalam mengisi password diminta dua kali untuk konfirmasi pasword yang di isikan pertama kali tadi. Dan klo sudah mengisi password tersebut lalu klik OK.. Taraaaaang… Berhasilkan memproteksi cell yang tidak diblog atau yang tidak digunakan tadi. Cara mengeceknya apabla cell yang diblog tadi masih bisa ditulisi dan cell yang tidak ikut diblog tadi tidak bisa di tulisi berarti sobat semua sudah berhasil.

Catatan : Untuk membuka pasword protection tadi caranya pilih tool lalu sorot protection dan klik Unprotect sheet lalu sobat diminta mengisi password yang sudah diisikan tadi. Yang penting sobat semua tidak lupa waktu mengisi password untuk memproteksi tadi. Dan Selamat Mecoba semoga berhasil....

--Semoga Bermanfaat--