9.3.12

Meningkatkan Performa Hard Disk SATA

Jika sobat Jendela Dunia termasuk orang yang suka akan tantangan, dan ingin meningkatkan performa hard disk SATA sobat, maka mungkin cara berikut bisa sobat lakukan. Mengapa saya sebut tantangan ? Karena sebenarnya fitur ini cukup beresiko bagi keamanan data pada hard disk sobat. Namun jika sobat tetap menginginkan performa yang maksimal dari hard disk SATA sobat, lakukan langkah-langkah dibawah ini :

Pada Device Manager, pilihlah hard drive sobat kemudian klik kanan dan pilih properties. Setelah itu pilih Policies tab, pilih "Optimize for Performance" dan kemudian tambahkan tanda centang pada kedua pilihan "Enable write caching on the disk" dan "Enable advanced performance".

Perlu sobat perhatikan, jika kedua pilihan ini diaktifkan sobat tidak bisa sembarangan mematikan komputer. Jika sobat sembarangan mematikan komputer, dalam artian tanpa proses shutdown maka kemungkinan data dalam hard disk sobat akan hilang dan yang terburuk adalah hard disk sobat akan mengalami crash. Untuk meminimalisasi hal tersebut sediakan sebuah UPS komputer sobat, supaya aman dari gangguan arus listrik yang tidak stabil.

Performa dari hard disk SATA sobat akan meningkat drastis, namun tentu saja hal ini tergantung pada model dan tipe dari hard disk sobat tersebut. Jangan berharap terlalu banyak. Jika sobat jendela dunia suka dengan tantangan, silakan coba saja.

--Semoga Bermanfaat--